easylifehub.id – Secorang pemalsu dokter dari SMA diketahui telah bekerja selama dua tahun di klinik milik PT Pelindo Husada Citra (PT PHC). Namun, ironisnya, pria bernama Susanto ini tidak hanya menipu manajemen PT PHC, melainkan juga mencatut nama seorang dokter asal Bandung.
PT PHC sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan, dan saat ini mengoperasikan jaringan Rumah Sakit PHC, Klinik Medis PHC, serta Klinik Occupational Health & Industrial Hygiene (OHIH)/Klinik K3 PHC.
Ketika berita ini mencuat, manajemen PT PHC mengklarifikasi bahwa Susanto yang terindikasi melakukan penipuan sebagai dokter gadungan RS PHC dengan memalsukan dokumen kepegawaian tersebut bukanlah seorang dokter, melainkan merupakan Pekerja Waktu Tertentu yang ditempatkan di Klinik OHIH/Klinik K3 pada salah satu perusahaan area di Jawa Tengah.
Sebagai Pekerja Waktu Tertentu, Susanto seharusnya hanya bertanggung jawab dalam aspek preventif dan promotif, seperti melakukan pemeriksaan kesehatan dasar kepada pekerja dengan bantuan Perawat Hiperkes dan atas supervisi Dokter Hiperkes Perusahaan. Tugas utama Susanto bukanlah melakukan tindakan medis atau memberikan resep obat kepada pasien.
Klarifikasi Dokter Gadungan RS PHC
Dalam klarifikasinya, Direktur Utama PT Pelindo Husada Citra, dr Sunardjo, menegaskan bahwa Susanto tidak pernah ditempatkan ataupun melayani pasien umum di Rumah Sakit PHC Surabaya, dan manajemen sudah bekerja sama dengan perusahaan terkait untuk melakukan tindak lanjut terhadap kasus pemalsuan ini. Manajemen PT PHC telah menggantikan Dokter Perusahaan dan melakukan evaluasi terhadap pemeriksaan kesehatan dasar yang diberikan kepada para pekerja agar operasional usaha tetap berjalan dengan baik.
“Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap dugaan penipuan oleh terdakwa S dengan memalsukan dokumen kepegawaian, Manajemen PT PHC berinisiatif dan telah bekerjasama dengan aparat penegak hukum untuk menindaklanjuti dugaan penipuan tersebut,” kata Sunardjo.
Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas kejadian ini dan memastikan bahwa PT PHC akan terus berkomitmen dalam memberikan layanan kesehatan bermutu tinggi yang mengedepankan keselamatan pasien.
Selanjutnya, dalam proses hukum yang telah berjalan di pengadilan, manajemen PT PHC berjanji akan bersikap kooperatif dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan agar serupa kejadian tidak terulang di tempat dan waktu lain yang berpotensi merugikan masyarakat. PT PHC mengambil insiden ini sebagai pelajaran berharga untuk memperketat prosedur penerimaan pegawai serta meningkatkan pengawasan terhadap dokter-dokter yang bekerja di bawah naungan perusahaan.
Komitmen Manajemen RS PHC
Menipu dengan mencatut nama seorang dokter adalah tindakan yang sangat tercela dan tidak bisa ditoleransi dalam dunia kesehatan. Kepercayaan pasien menjadi sangat penting dalam memberikan layanan kesehatan yang baik, dan penyalahgunaan kepercayaan ini dapat merusak reputasi perusahaan serta merugikan banyak pihak.Oleh karena itu, PT PHC berkomitmen untuk menjaga integritas dan kepercayaan pasien dengan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari kejadian serupa di masa yang akan datang.
Mutu pelayanan kesehatan yang tinggi menjadi salah satu pijakan utama PT PHC dalam menjalankan bisnisnya. Dalam hal ini, pihak manajemen selalu berusaha meningkatkan kompetensi dan keahlian tim medisnya, agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien-pasiennya. PT PHC juga memastikan bahwa semua dokter dan tenaga medis yang bekerja di rumah sakit dan kliniknya memiliki kualifikasi yang memadai, serta selalu menjaga profesionalisme dalam setiap tindakan medis yang dilakukan.
Kepuasan pasien adalah prioritas utama PT PHC. Selain memberikan perawatan medis yang berkualitas, PT PHC juga memastikan bahwa pasien merasa aman dan nyaman selama berada di rumah sakit atau klinik mereka. Hal ini tercermin dalam kebijakan keselamatan pasien yang diterapkan oleh PT PHC, seperti standar kebersihan yang tinggi, penggunaan peralatan medis yang steril, serta perawatan yang ramah dan empati dari seluruh tim medis.
Penegakan Hukum
Dalam penegakan hukum, PT PHC berupaya untuk memberikan kerjasama penuh dengan aparat penegak hukum untuk menindaklanjuti kasus pemalsuan Dokter gadungan RS PHC. Sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi integritas dan etika, PT PHC tidak akan mentolerir tindakan penipuan atau pemalsuan dokumen yang dapat merugikan berbagai pihak. PT PHC berharap bahwa pelaku pemalsuan ini dapat menerima sanksi yang sesuai dengan perbuatannya dan menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk tidak melakukan hal serupa di masa depan.
Keselamatan dan kesehatan pasien adalah prioritas utama dalam dunia pelayanan kesehatan. PT PHC berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan serta menjaga kepercayaan pasien. Melalui evaluasi terhadap prosedur dan pengawasan yang lebih ketat, PT PHC berharap dapat mencegah terulangnya kasus penipuan atau pemalsuan dokumen di masa depan. Semua upaya ini dilakukan demi kebaikan pasien serta keberlanjutan bisnis PT PHC sebagai penyedia layanan kesehatan yang terpercaya.